Saturday, February 4 - 0 comments

MODUL TLS (Teaching Learning Strategies)

INTRODUCTION TO UNIT OUTLINE
THE TERMS
THEORIES OF LEARNING

A.      PENDAHULUAN

Modul 1 berisi 2 pokok bahasan utama ditambah dengan pengenalan terhadap Unit Outline yang berisi semua popkk bahasan dari Mata Kuliah Teaching and Learning Strategies (TLS) selama satu semester. Kedua pokok bahasan dimaksud adalah The terms dan Theories of Learning. Pada bagian The Terms mahasiswa akan diperkenalkan kepada berbagai istilah dan singkatan yang populer di bidang pembelajaran bahasa Inggris. Dengan memiliki pengetahuan serta pengertian yang benar terhadap masing-masing istilah para mahasiswa akan tidak akan mencampuradukkan konsep dan makna dari  istilah-istilah tersebut satu sama lain. Istilah-istilah yang ada dalam modul ini telah dikenal luas oleh para praktisi pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di seluruh dunia baik sebagai bahasa kedua maupun sebagai bahasa asing.
Sedangkan Pokok  Bahasan Theories of Learning terdiri dari beberapa teori yang paling terkait dengan pembelajaran bahasa umumnya terutama bahasa asing. Memang hampir semua teori yang mendasari pembelajaran bahasa pada dasarnya berasal dari teori-teori Psikologi yang kemudian diadopsi dan dikembangkan oleh ahli-ahli pendidikan untuk memperoleh hasil belajar bahasa secara maksimal.  Teori-teori belajar populer tersebut pada umumnya menjadi tenar di jamannya masing-masing. Walaupun demikian kemunculan sebuah teori baru selalu dikaitkan dengan konsep-konsep teori sebelumnya dalam arti bahwa teori baru tersebut dapat menegaskan kembali atau memperbaiki atau bahkan menentang teori-teori sebelumnya.  Pengenalan terhadap berbagai teori tersebut tidak dimaksudkan untuk mengarahkan mahasiswa agar menjadi penganut setia dari sebuah teori tertentu. Akan tetapi dengan memiliki penengetahuan yang luas terhadap masing-masing teori, mahasiswa dapat memilih prinsip-prinsip yang mana yang diyakini cocok dengan konteks dan latar belakang apa saja dari peserta didik yang akan dihadapi kelak setelah menjadi guru.
Materi pada modul ini terutama pokok bahasan kedua yaitu Theories of Learning sarat dengan konsep-konsep dasar psikologi.  Ini berarti mahasiswa diminta untuk membaca  secara intensif tidak saja untuk memperoleh pemahaman tetapi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan evaluative. Untuk itu mahasiswa diminta untuk mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh sebelum mengikuti perkuliahan dengan membaca secar intensif bahan ajar ada dalam modul ini. Selain bahan ajar yang dimuat dalam modul mahasiswa juga diharapkan umtuk membaca bab-bab atau artikel tertentu dari berbagai sumber (referensi) seperti yang tertulis pada bagian Bacaan Pengayaan. Modul ini, demikian juga dengan modul-modul berikutnya, hanya memuat materi bahan ajar inti saja. Sedangkan  untuk bahan-bahan bacaan pengayaan modul hanya memuat daftar nama-nama sumber atau referensi.
Modul ini terdiri atas 3 bagian utama, yaitu Pendahuluan, Penyajian, dan Penutup. Pendahuluan berisi informasi umum tentang pokok bahasan dan tujuan yang akan dicapai oleh mahasiswa setelah modul ini selesai dibahas. Bagian kedua yaitu Penyajian memuat bahan ajar inti sesuai dengan pokok bahasan dan sub-pokok bahasan. Materi utama biasanya diambil dari berbagai sumber untuk menambah luasnya wawasan pengkajian tentang pokok bahasan terkait. Pada bagian Penutup mahasiswa akan diberi kesempatan untuk membuat rangkuman lalu diikuti dengan evaluasi diri sejauh mana dan seluas apa penguasaan Anda terhadap pokok bahasan yang baru saja Anda pelajari.
Untuk itu sebelum memperlajari materi pembelajaran dalam modul ini Anda  perlu memahami lebih dahulu indikator-indikator keberhasilan yang akan Anda capai setelah menyelesaikan kegiatan tutorial tentang modul ini seperti yang tertuang dalam tujuan-tujuan pembelajaran di bawah ini.

A.1 Kompetensi Umum:
·         Mahasiswa memiliki pemahaman tentang makna dan konsep dasar dari berbagai istilah yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Inggris baik sebagai bahasa asing maupun sebagai bahasa kedua.
·         Mahasiswa memiliki pengetahuan dan persepsi yang knomprehensif tentang makna dan konsep dasar dari dari beberapa teori belajar yang sangat berpengaruh terhadap pembelajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah.

A.2 Indikator
Setelah mempelajari pokok bahasan dan sub-pokok bahasan ini Anda diharapkan mampu:
1.       Menyebutkan dengan tepat kepanjangan dari singkatan-singkatan yang berhubungan dengan pembelajaran bahasa Inggris dan menjelaskan makna dan arti dari masing-masing singkatan dan istilah tersebut.
2.       Menunjukkan teknik-teknik pembelajaran di kelas yang dipengaruhi oleh teori behaviorism.
3.       Membedakan makna dan konsep dasar dari ‘Rote learning’, ‘Meaningful learning’, dan ‘Mastery learning’.
4.       Menunjukkan teknik-teknik pembelajaran di kelas-kelas Bahasa Inggris yang dipengaruhi oleh teori kognitif.
5.       Membedakan antara proses pembelajaran berdasarkan Teori belajar Behaviorisme dan Teori belajar Kognitif.
6.       Mendeskripsikan model kelas yang menakankan Cara Belajar yang Berpusat pada Siswa (Student-Initiated Instruction) dan cara Belajar yang berousat pada Guru (Direct Instruction).

MS office password: kasi-sa

0 comments: