Thursday, March 17 - 0 comments

Latihan Pernapasan (Pranayama)


Latihan-latihan pernapasan ini diambil dari hatha yoga. Selain sebagai pemacu energi, latihan ini juga merupakan pengubah suasana hati yang ampuh kapan saja kita merasa sedih dan murung.

Sebelum anda melakukan latihan-latihan berikut, jika anda punya kesempatan dan waktu luang yang cukup, anda perlu melakukan suatu upaya menyadarkan diri bahwa anda sedang bernapas dan napas anda berasal dari Dia yang punya kuasa atas anda. Salah satu cara yang cukup mudah adalah dengan mengarahkan pikiran anda untuk lebih merasakan napas yang sedang anda hirup dan hembuskan (sambil mensyukurinya) tanpa mengubah irama pernapasan anda.

Latihan Pernapasan 1
Berdirilah dalam posisi istirahat, kaki dikangkang selebar bahu. Hiruplah sedalam semampu anda, sambil menaikkan lengan anda di depan anda sewaktu anda menghirup napas itu. Hitunglah waktunya sampai lengan-lengan anda tepat di atas kepala anda (ini dimaksudkan agar irama pernapasan anda itu teratur). Tahan napas itu selama hitungan sampai lima. Hembuskan udaranya melalui mulut anda dengan rasa legah yang dalam, sambil membiarkan lengan jatuh ke masing-masing sisi dan biarkan bahu turun. Ulangi sesering mungkin menurut perasaan anda tapi jangan memaksakannya, terutama jika dada anda lemah untuk melakukannya.

Latihan pernapasan 2
Duduklah senyamannya, tarik napas dalam-dalam melalui lubang hidung. Bayangkanlah anda sedang menghirup udara yang terlebih dahulu masuk dan mengisi perut bagian bawah dan memenuhi bagian dalam anda seperti sebuah balon sampai udara itu mencapai bagian atas dada anda. Tahanlah beberapa saat saja, kemudian hembuskan perlahan-lahan sambil membayangkan ‘balon’ itu digemboskan sewaktu udaranya perlahan-lahan dikeluarkan dari bagian atas dada samapai ke bagian bawah perut anda. Sewaktu anda menarik napas, bahwa anda sedang memasukkan energi positif. Lambangkan energi ini bagi diri anda sendiri dengan cara apa saja yang bermakna bagi anda, misalnya: cinta, rahmat, berkah atau apa saja. Sewaktu anda menghembuskan napas bayangkan energi negatif di dalam diri anda keluar bersama napas yang anda hembuskan itu.

Latihan Pernapasan 3
Tutup lubang hidung kanan dengan telunjuk tangan kanan.tarik napas dalam-dalam melalui lubang hidung sebelah kiri. Tahan sampai hitungan ke tiga. Tutup lubang hidung sebelah kiri. Hitung sampai tiga. Dalam keadaan lubang hidung kiri masih tertutup, hirup kembali udara melalui lubang hidung bagian kanan dan menghembuskan dari lubang hidung kiri. Hitung sampai tiga. Ulangi urutan tersebut sebanyak 3 kali.

Perhatian!
Pernapasan yoga ini sangat ampuh – jadi jangan melakukan latihan-latihan ini terlalu banyak.

0 comments: