Tuesday, March 15 - 0 comments

Meditasi Cakra

Barangkali model paling canggih untuk mencoba memahami energi tubuh kita adalah terdapat pada teori dinia Timur tentang cakra. Ketujuh cakra merupakan pusat energi di dalam tubuh yang berkaitan dengan kelenjar-kelenjar endokrin dan kumpulan-kumpulan syaraf.
Masing-masing dari ketujuh cakra itu merupakan suatu saluran energi yang kita gunakan untuk menangani situasi yang muncul di wilayah-wilayah khusus dalam kehidupan kita. Setiap bidang yang kita tidak tangani dengan baik atau bila kita mengalami kecemasan dan stres akan mempengaruhi aliran energi pada cakra tertentu itu, yang akan menimbulkan ketidakseimbangan energi dalam tubuh. Bila kita memberi ruang bagi diri kita sendiri untuk meninjau berbagai wilayah kehidupan kita ini secara bergantian dan rutin, untuk merenungkan berbagai pengalaman masa lalu di masing-masing wilayah yang menjadi sumber cara kita berpikir dan ‘rasa’ kita sekarang ini, kita dapat menentukan dengan jelas bagaimana kita telah menyebabkan kekacauan energi pada wilayah-wilayah itu. Isyarat-isyarat penting akan diberikan oleh tubuh yang merupakan kiasan-kiasan jasmani bagi tempat dimana kita ‘tersandung’ pada tingkat kejiwaan dalam pola mental yang ‘kaku’.

Meditasi berarti memberikan perhatian yang santai, bukan ‘berkonsentrasi’ atau berpikir, melainkan menggunakan intuisi anda serta membiarkan jawaban-jawaban itu bermunculan dari bagian kiri anda di alam tak sadar yang senantiasa tahu yang mana kebenaran anda itu.
Meditasi dengan cakra-cakra itu merupakan cara yang gampang untuk memandang secara sistematis  ke wilayah-wilayah penting kehidupan anda, di mana penyebab energi yang tidak seimbang atau terhambat itu.

Gambaran Hubungan Anda dengan Cakra-cakra
Anda akan melihat dunia sebagai sebuah rimba dan tak pernah merasa aman di dalamnya (cakra 1), akan menemukan diri anda yang terus-menerus ‘memar’ dalam perjumpaan seksual tanpa cinta (cakra 2), dan akan mencoba untuk memenuhi kekosongan di dalam hati dengan hal-hal serta harta benda dan mengkompensasi perasaan tidak dicintai anda itu dengan memburu kekuasaan dan status (cakra 3). Karena tidak memiliki harga diri, mencurigai orang lain, anda akan cenderung ragu-ragu sebelum anda mengungkapkan diri anda sendiri secara spontan karena takut dikecam, dan barangkali anda mematikan kreativitas anda karena anda merasa tidak memiliki apa-apa yang berharga untuk diberikan (cakra 5). Dan tingkat-tingkat kesadaran yang lebih tinggi akan tertutup bagi anda (cakra 6), karena kesadaran anda tentang apa itu hidup dan hubungan anda dengan ‘yang utuh’ akan dikacaukan oleh kenyataan bahwa anda tidak mampu mendengarkan panjang gelombang cinta yang merupakan realitas paling dalam di alam semesta dan yang mempersatukan segalanya (cakra 7).

Cakra Pertama: Hubungan Anda dengan Kelangsungan Hidup, Bumi, dan Ibu
Cakra pertama atau akar cakra terletak pada dasar tulang punggung di tulang ekor atau coccyx yang mengendalikan anak ginjal. Energi yang dipengaruhi oleh cakra ini ada kaitannya dengan kelangsungan hidup, sebagaimana diduga oleh orang dari kenyataan bahwa melalui pelepasan hormon-hormon adrenalin itulah kita diaktifkan untuk “melawan atau lari”.
Pada cakra ini kita belajar untuk ‘membumi’, melakukan sentuhan secara teratur dengan alam (meskipun hanya berjalan-jalan ditaman) hanya sekedar berlari dari hutan beton tanpa ‘rasa rumput’ di kaki.
Biarkan anda sendiri merasakan apa yang benar bagi anda dalam wilayah yang sangat mendasar ini yaitu kelangsungan hidup, menjaga badan dan jiwa anda berasama-sama.

Cakra Kedua: Hubungan dengan Seks dan Pancaindra
Cakra kedua terletak tepat di atas alat kelamin, dikaitkan dengan indung telur atau buah zakar dan merupakan cakra seks. Cakra ini banyak sekali berkaitan dengan bagaimana kita berhubungan dengan energi-energi bumi yang melewati kita (terutama energi seksual), apa yang kita lakukan dengan ‘perasaan-perasaan lubuk hati kita’ tentang diri sendiri dan orang lain.
Seks merupakan suatu wilayah yang sangat membingungkan bagi banyak orang. Mudah dipahami demikian, karena kita diberi banyak pesan kabur tentang seks itu, bukan hanya dalam proses tumbuh dewasa (dengan pengandaian bahwa seks itu pernah disebut dan bukan merupakan sesuatu yang tabu untuk dibicarakan dalam lingkungan keluarga)

Cakra Ketiga: Hubungan Anda dengan Kekuasaan
Cakra ketiga berada di pleksus solar dan merupakan pusat yang kita jumpai bila kita mengalami ‘perasaan hati yang paling mendalam’. Cakra ini berkaitan dengan pankreas.
Hubungan cakra ini berkaitan erat dengan ‘kekuasaan’ yang merupakan kata yang kelihatannya sedikit ‘kotor’ karena kata itu mempunyai konotasi-konotasi lain seperti ‘menguasai’ dan ‘menipu orang lain’. Kita seringkali takut terhadap kekuasaan kita sendiri atau perlawanan orang lain seandainya kita menentang usaha mereka untuk membohongi, meniadakan, atau dengan cara lain tidak menghormati ruang atau siapa kita ini.

Cakra Keempat: Pemahaman Anda tentang Cinta dan Dicintai
Cakra ke empat berada di hati, di situ semua cakra berpadu menjadi cinta, yaitu keselarasan. Cakra ini merupakan cakra yang dikatakan lebih penting dari cakra-cakra lainnya. Cakra ini merupakan penghubung antara semuacakra karena terletak di tengah-tengah cakra lainnya. Dengan kata lain jika cakra jantung tertutup maka cakra yang lain akan berada dalam keadaan yang tidak seimbang.

Cakra Kelima: Pengungkapan Diri, Komunikasi, Pilihan, dan Kreativitas
Cakra kelima adalah cakra tenggorokan, tempat pengungkapan diri. Tanda-tanda bahwa anda perlu mengolah cakra ini adalah perasaan-perasaan bosan, terjebak dalam suatu rutinitas yang basi, tidak puas dan resah dengan hal-hal seperti yang seharusnya, sesuatu yang ‘tidak sungguh-sungguh hidup’.

Cakra Keenam: Hubungan Anda dengan Intuisi Anda
Cakra keenam berada di pusat dahi, dan berkaitan dengan pituatari. Cakra ini menguasai intuisi kita dan merupakan pusat pikiran serta jiwa kita dalam keadaan terjaga.
Tentunya anda telah menggunakan intuisi anda untuk memperoleh pemahaman tentang pola-pola manakah yang perlu anda ubah dan bagaimana anda telah membatasi diri anda sendiri. Semakin anda mempercayai intuisi anda semakin berkembang intuisi itu.



Cakra Ketujuh: Hubungan Anda dengan Ayah, Kehidupan, dan Keseluruhan
Cakra ketujuh atau cakra otak, terletak di ujung kepala dan merupakan garis penghubungan kita dengan apa yang terletak di luar tubuh yang terbatas dan memungkinkan kita untuk mengungkapkan diri kita pada tingkat-tingkat rohaniah yang tinggi.

0 comments: