Sunday, November 20 - 0 comments

Penelitian Deskriptif (Descriptive Research)

 Book: GUIDE TO RESEARCH DESIGNS, METHODS, AND STRATEGIES by Stephen Isaac & William B. Michael


Tujuan
Penelitian deskriptif merupakan sejenis penelitian yang berusaha memaparkan pemecahan masalah atas data-data yang terjadi pada masa sekarang yang meliputi deskripsi data, analisis data, dan interpretasi data Penelitian ini bisa bersifat komparatif dan atau korelatif. Pendekatan ini banyak digunakan dalam penelitian yang bersifat longitudinal, genetik, dan klinis. Tujuannya adalah untuk menggambarkan atau menjelaskan fakta-fakta dan sifat/karakteristik populasi secara sistematis.

Contoh Masalah
  1. Survey opini publik untuk mengetahui sikap mereka terhadap pilihan sekolah.
  2. Survey mengenai opini masyarakat terhadap penetapan program pendidikan vokasional.  
  3. Studi tentang posisi personil pada sebuah pusat pendidikan. 
  4. Laporan hasil sekor tes siswa pada sebuah wilayah tertentu.

Karakteristik
  1. Peneltian deskriptif digunakan dalam pengertian yang sesungguhnya dari penggambaran sebuah situasi atau kejadian (memotret); kadang tidak perlu menjelaskan hubungan, menguji hipotesis, membuat prediksi, atau mengambil makna dan implikasi. Kadang-kadang digunakan juga istilah “studi survey”. 
  2. Studi survey bertujuan: (a) Mengumpulkan informasi faktual secara rinci yang menggambarkan fenomena menarik; (b) Mengidentifikasi masalah atau mempertimbangkan kondisi kekinian; membuat perbandingan dan penilaian;(c) Untuk menentukan perencanaan dan keputusan di masa mendatang berda­sarkan kesamaan masalah, situasi, dan keuntungan dari pengalaman orang lain.

 Langkah-langkah Penelitian
  1. Merumuskan tujuan dengan jelas dan istilah-istilah khusus. Fakta dan karakte­ristik apa yang tidak tercover? 
  2.  Merancang pendekatannya. Bagaimana pengumpulan datanya? Bagimana memilih sampel data yang representatif? Alat pengumpul data apa yang akan digunakan? Apakah data memerlukan pengujian lapangan? 
  3.  Mengumpulkan data. 
  4.  Menyusun laporan.

0 comments: