Sunday, November 20 - 0 comments

Penelitian Eksperimen Semu (Quasi-Eksperimental Research)

 Book: GUIDE TO RESEARCH DESIGNS, METHODS, AND STRATEGIES by Stephen Isaac & William B. Michael


Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan bagi informasi yang dapat diperoleh dengan eksperimen yang sesungguhnya. Penelitian ini dilakukan dalam keadaan tidak memungkinkan untuk mengontrol dan memanipulasi­kan semua variabel yang relevan. Si peneliti harus mengerti dengan jelas kompromi­kompromi apa yang ada pada validitas internal dan validitas eksternal dari rancangan yang dibuatnya, dan melakukan penelitian dengan keterbatasan-keterbatan tersebut.
Contoh Masalah
  1. Penelitian pendidikan yang menggunakan pretes-postes design dengan mengabaikan  variabel-variabel seperti kematangan, efek testing, regresi statistikal, pengurangan selektif, adaptasi, dan lain-lain. 
  2. Berbagai penelitian mengenai berbagai masalah sosial, seperti kenakalan remaja, tindak kekerasan, jumlah penderita jantung, dan sebagainya yang di dalamnya kontrol dan manipulasi tidak selalu dapat dilakukan.

Karakteristik
  1. Penelitian ini berkaitan dengan keadaan praktis, yang tidak memungkinkan mengontrol seluruh variabel yang relevan, kecuali hanya beberapa variabel tertentu. 
  2. Penelitian ini ditandai oleh metode kontrol parsial berdasarkan identifikasi secara cermat terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi validitas internal dan validitas eksternal. 
  3. Perbedaan antara eksperimen sungguhan dan eksperimen semu sangat kecil, terutama jika subjek penelitiannya manusia.

Langkah-langkah Penelitian
Langkah-langkah pokok pada ekperimen semu pada dasarnya tidak berbeda dengan langkah-langkah pokok pada eksperimen sungguhan.

0 comments: